Sunday, October 10, 2010

Al Qur'an, Sumber Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Terlengkap

Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan merupakan hal yang menarik untuk dikaji. Sebab, hal ini terkait dengan kisah perjalanan kemajuan peradaban dunia. Selain itu, dengan memahami sejarah ilmu pengetahuan, maka Anda bisa memahami tentang asal usul sebuah pemikiran dan belajar tentang hal yang baik dan buruk dari sejarah tersebut. Dengan demikian, akan diperoleh sebuah konsep pengetahuan yang lebih baik dan terbaru demi meningkatkan kualitas pengetahuan manusia.

Banyak kisah yang mewarnai sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. Mulai dari beragam kegagalan hingga penemuan yang dianggap spektakuler. Diantaranya penemuan tentang lintasan orbit planet atau juga rahasia tentang air dan juga yang terbaru adalah penemuan sungai bawah laut terbesar di dunia.

Dari berbagai peristiwa yang terjadi terkait sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dunia, ada satu hal yang menghubungkan. Bahwa berbagai penemuan yang terjadi di era modern ini sebenarnya merupakan sebuah rahasia yang pernah dijabarkan dalam kitab suci Al Qur’an.

Ayat Dalam Al Qur’an

Penemuan orbit bumi ini merupakan sebuah hal baru. Setelah selama berabad-abad manusia terjebak dalam berbagai pemikiran tentang teori-teori orbit planet. Dunia sempat mempercayai teori geosentris dan heliosentris. Salah satunya ditunjukkan dalam surat Al Anbiya 33 yang berbunyi : “Dan Dia-lah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan . Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya”.

Demikian pula dalam kisah tentang rahasia air. "Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (Q.S. Al Anbiya:30). Dari salah satu ayat dalam Al Qur’an ini, seorang ilmuwan Jepang tertantang untuk membuktikan bahwa air pun memiliki kemampuan layaknya makhluk hidup lain. Ilmuwan tersebut adalah Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang.

Melalui berbagai penelitiannya, Masaru mampu membuktikan bahwa molekul air bisa berubah ketika mendengar suara-suara. Ketika dibacakan kalimat yang bernada baik, maka molekul air akan berbentuk indah. Namun ketika diperdengarkan suara-suara yang tidak baik, maka molekul air pun turut berubah menjadi wujud yang mengerikan.

Sungai Bawah Laut

Dan penemuan besar lain terbaru adalah tentang kisah sungai di bawah laut. Allah berfirman dalam surat Al Furqan ayat 53 : “Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi”.

Ketika ayat ini diturunkan, begitu banyak cemoohan. Bagaimana mungkin air laut dan air sungai bisa bersandingan sedangkan kedua memiliki perbedaan karakter. Namun, manakala Mr Jacques Yves Costeau, ahli Oceanografi dan ahli selam terkemuka dari Prancis menemukan kenyataan tersebut.

Dari bukti-bukti yang ada, jelas menunjukkan bahwa Al Qur’an adalah sebuah bagian penting dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Di dalamnya tersimpan berbagai misteri yang masih menunggu untuk dipecahkan oleh akal manusia. Dan ini juga merupakan sebuah bukti bahwa Al Qur’an adalah ayat-ayat Tuhan, bukan sekadar karangan manusia buta huruf bernama Muhammad.

No comments:

Post a Comment